Pengertian RAM dan Fungsinya

Artikel ini akan membahas tentang salah satu komponen komputer yang sangat penting yaitu RAM. Apa itu RAM? RAM merupakan singkatan dari (Random Access Memory) yang biasanya sering di sebut juga memory. Memory atau RAM adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sementara. Memory berkerja dengan menyuplai data-data yang di butuhkan processor dengan sangat cepat, yang akan di olah menjadi informasi. Agar lebih mudah di pahami contohnya adalah saat kita membuka sebuah aplikasi komputer, entah itu ms.word atau mozila firefox maka processor akan membuka aplikasi tersebut dari hardisk yang kemudian akan meloadnya ke RAM atau memory. Begitulah kira-kira pemahaman sederhana tentang RAM dan fungsinya.

Untuk lebih detailnya, kamu juga bisa dapat melihat berapa jumlah memori yang dibutuhkan saat menjalankan sebuah aplikasi atau program dengan cara: klik kanan pada panel bar komputer kemudian pilih task manager,atau juga bisa dengan menekan tombol ctrl+alt+del pada keyboard maka akan terbuka tab task manager yang menunjukan aplikasi atau program yang aktif saat ini pada pilihan performance perhatikan dalam kolom PF usage akan terlihat sejumlah angka. Angka itu adalah jumlah memori yang dibutuhkan untuk membuka sebuah aplikasi atau program. Jika semakin banyak aplikasi yang digunakan maka memori yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Penting untuk diketahui walaupun anda tidak membuka sebuah aplikasi atau program bukan berarti nilai kolomPF usage 0, ketika anda menghidupkan komputer, system operasi windows juga membutuhkan memori untuk aktif pada komputer. Untuk lebih memahami tentang ram dan cara kerjanya anda dapat melihat ilustrasi gambar di bawah ini.

Pengertian RAM dan Fungsinya


Pengertian RAM dan Fungsinya
 RAM  (random access Memory)

Baca Juga : Apa itu Linux-Sistem Operasi Linux

cara kerja RAM
Saat kamu menyalakan sebuah komputer maka yang pertama kali bekerja adalah processor. Tugas processor di sini adalah sebagai tempat mengolah data dan meminta data dari tempat penyimpanan data(strorage) yaitu hard disk. Artinya data di kirim dari hard disk setelah ada permintaan dari processor. Namun prakteknya hal ini sangat sulit di lakukan karena perbedaan teknologi antara processor dan hard disk. Sebagai point penting processor sendiri merupakan komponen digital murni yang dapat memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi p4 saja saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800 MHz)sedangkan hard disk adalah teknologi yang secara mekanis cukup lambat di bandingkan digital (Bandwidth HDD ATA berkisar 150 M/s).nah  di dapat kesimpulan secara teoristis kecepatan processor 46x lebih cepat di bandingkan hard disk, artinya jika processor menunggu pasokan data dari hard disk maka akan terjadi Bottle-neck yang sangat parah.

Maka untuk mengatasi ini perlu adanya device memory utama yang di sebut RAM. Dengan adanya RAM maka dapat membantu processor dalam penyediaan data sangat cepat yang dibutuhkan. Dengan Keberadaan RAM maka processor tidak perlu menunggu data dari HDD. Dan saat ini RAM DDR2 Memiliki bandwith 3,2 GB/s(PC400), supaya tidak menggangu pasokan maka teknologi motherboard sekarang menggunakan teknologi dual chanel yana bisa melipat gandakan bandwith2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit, yang berarti 2 buah DDR2 dalam mode dual chanel yang dapat memasok data ke processor 2 kali (3,2 GB/sx2=6,4 GB/s).
Nah itulah penjelasan tentang RAM dan fungsinya, semoga dapat dipahami dan dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan informasi tentang RAM atau memori. Terima kasih

Baca Juga : Cara  Memperbaiki USB Device Not Recognized